Awas!! Jangan Sembarangan Mengobati Gatal

Waktu bersihkan serta merapihkan tempat tinggal, dari mulai membersihkan baju, piring, atau mengepel lantai tempat tinggal saja, seringkali muncul problem baru : gatal di kulit tangan atau kaki.

Jangan Sembarangan Mengobati Gatal

Karna berasumsi remeh, tidak sedikit yang lalu lakukan penyembuhan sendiri. Mereka ” termakan ” iklan di mass media atau turut saran rekan. Bila gatal, segera beli obat. Bila tidak mempan juga, mereka coba obat beda. Mengakibatkan, gatal yang awal mulanya cuma di sela jari tangan, sesudah diobati jadi meluas hingga ke semua tangan.

Di market memanglah ada berbagai macam obat gatal. Ada yang berbentuk bedak, obat cair, cream, atau sabun. Semasing obat mempunyai bahan aktif yang dapat berlawanan pengaruhnya. Ada juga salep yang berisi cuma bahan antigatal dalam konsentrasi tinggi yang jadi bisa menyebabkan iritasi pada kulit peka.

Celakanya, bila gatal yang dikarenakan jamur diolesi obat bukanlah antijamur, gatal jadi juga akan makin meluas karna jamur ” berpesta pora “, seperti tanaman di beri ” pupuk ” kortikosteroid atau antibiotik. Demikian sebaliknya, gatal karena alergi akan tidak pulih dengan obat antijamur. Terlebih dapat muncul dermatitis kontak.

Sesungguhnya, gatal dapat jadi sinyal dari beberapa penyebabnya kelainan di kulit. Di negara tropis seperti Indonesia, sisi kulit yang lembab serta berkeringat dapat jadi tempat nyaman untuk jamur, seperti type kandida atau kutu air.

Terkecuali jamur, gatal juga seringkali dikarenakan oleh alergi terutama kulit peka. Umpamanya, alergi pada bahan plastik atau kulit sandal serta sepatu. Gatal selesai membersihkan piring dapat juga muncul karna kulit peka pada sabun bersihkan yang digunakan.

Sesaat gatal di tubuh setelah mandi, mungkin saja karna sabun mandi. Kulit dapat juga gatal karna peka pada zat pewarna, pewangi, atau antiseptik kuat dalam sabun. Atau gatal karna bahan pewangi pada parfum, kosmetik, atau obat gosok.

Gigitan serangga, biang keringat (terlebih pada anak-anak), atau aspek psikis dapat juga jadi penyebabnya gatal. Tetapi, dari beragam penyebabnya gatal, jamur serta alergilah yang seringkali didapati ditempat praktek dokter spesialis kulit.

Sesungguhnya, ada langkah simpel yang dapat dipakai untuk membedakan penyebabnya gatal, yakni dengan mencermati tempat serta kapan munculnya gatal. Gatal di daerah lipatan yang lembab, biasanya disebabkan oleh jamur. Sesaat dibagian badan yang gampang kontak dengan benda-benda, umumnya karna reaksi alergi. Umpamanya sesudah memakai sabun, obat gosok, deterjen, kosmetik, plastik, logam (jam tangan atau perhiasan imitasi), kulit, atau semen.

Untungnya, tiap-tiap gatal ada obatnya. Untuk gatal karena alergi atau kontak dengan beberapa bahan spesifik, aksi pertama yaitu hindari pemicunya.

Untuk menangani rasa gatalnya, dari pada coba product yang belum juga di kenal tambah baik diatasi dengan pemberian bedak yang memiliki kandungan asam salisilat 2%. Bedak ini aman untuk kelainan kulit yang kering serta bisa dibeli dengan bebas di toko obat. Pakai bedak itu setelah mandi, pagi serta sore dibagian yang gatal. Setelah itu, berobatlah ke dokter. Jika memang perlu, ke dokter spesialis kulit.

Untuk gatal karna jamur, termasuk juga panu serta kutu air, baiknya segera berobat ke dokter atau dokter spesialis kulit.

Yang butuh diingat. Anda yang kulitnya peka seyogianya lebih gawat dalam beli beberapa produk yang dipakai pada kulit, seperti sabun, kosmetik, product perawatan kulit, parfum, serta obat-obat gosok.

Janganlah beberapa enggan ajukan pertanyaan pada pakarnya, sebelumnya beli product spesifik. Sumber referensi http://www.ahlinyagatal.com/