Tips Membangun Lemari Tempel di Kamar Tidur

Lemari tempel adalah property opsional yang digunakan untuk membuat barang-barang Anda tertata rapi, terutama pakaian. Hal ini serupa dengan showcase tetapi ada sedikit perbedaan. Anda membutuhkan tempat untuk menyimpan pakaian Anda bukan? Lemari tempel biasanya ditempatkan di kamar tidur Anda. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Bahan-bahan tersebut termasuk bahan kayu, dll. Ada beberapa langkah untuk membangun lemari tempel.

Lemari Tempel Kamar Tidur

Bagaimana membangun lemari tempel?

Langkah pertama untuk membangun lemari tempel adalah mengukur space bebas yang tersedia di kamar tidur Anda. Anda dapat mengukur dengan lebar, panjang dan tinggi dari area bebas tersebut. Maka Anda memerlukan sedikit ruang dari dinding. Ruang yang dibutuhkan adalah sekitar 50 mm. Lebar pintu tidak boleh lebih dari 500mm.

Kedua, siapkan peralatan dan bahan Anda. Mulailah dengan memotong bahan menyesuaikan pengukuran yang sudah anda lakukan dengan pisau bergerigi halus. Pastikan bahan utama yang anda gunakan bukan kayu solid, tetapi menggunakan melamin atau ply (lebih lembut dibanding kayu solid). Cobalah untuk membuat bagian dari bentuk utama lemari Anda. Kemudian tempelkan dengan paku atau lem. Bentuk yang paling umum adalah bentuk kotak.

Langkah berikutnya dari membuat lemari tempel adalah membuat pintu. Seperti yang dibahas sebelumnya, pintu yang baik seharusnya dibuat dengan desain minimalis yang tidak lebih lebar dari 500 mm agar lebarnya tidak mengganggu tempat tidur Anda atau hal-hal lain di dekatnya. langkah berikutnya adalah Instalasi engsel pintu dengan ukuran 120 derajat. Pastikan engsel terpasang di atas dan bawah pintu. Kemudian, pasangkan di bagian utama struktur lemari.

Langkah terakhir adalah melengkapi detail lemari Anda. Anda dapat membuat sebuah lukisan di lemari anda. Anda bebas memasangnya sesuai selera dan kebutuhan Anda. Merevisi pengukuran akan diperlukan untuk membuat lemari anda lebih baik dari sebelumnya. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membuat lemari tempel ini adalah sekitar satu minggu. Jadi, Anda bisa melakukan beberapa pekerjaan tambahan karena lemari tempel tersebut adalah anda yang membuat dan anda yang akan menggunakan.

 

Lemari Tempel Berdasarkan Bahan

Lemari tempel identik dengan seseorang yang modis karena ia memiliki banyak pakaian yang harus di simpan di lemari tersebut. Keuntungan dari lemari tempel adalah cocok pada setiap jenis kamar tidur di rumah minimalis daripada lemari biasa yang bebas karena lemari ini dapat dipasang di mana saja di kamar tidur menyesuaikan area dinding anda, dekat tempat tidur atau dll. Jadi, jika Anda tertarik untuk lemari tempel buatan sendiri, Anda harus mengenal macam-macam lemari tempel berdasarkan bahannya. Namun, bahan yang disebutkan di sini hanya untuk informasi bagi Anda sebelum membangun lemari tempel.

Bahan pertama lemari tempel adalah kayu. Materi ini selalu tersedia di toko bangunan, oleh karena itu Anda akan menemukannya dengan mudah. Mengapa Anda harus menggunakan bahan ini? Karena kayu adalah bahan yang gampang diperbaiki. Itu berarti jika lemari tempel Anda rusak, maka Anda dapat memperbaikinya sendiri segera dan dengan mudah. Kayu adalah material yang ringan juga. Anda tidak akan kesulitan untuk mengambilnya. Disarankan sebelum Anda membuat lemari tempel sendiri menggunakan bahan kayu, pertama Anda perlu memeriksa dinding Anda dan paku yang akan Anda gunakan, karena paku tergantung pada bahan dinding Anda. Selanjutnya, Anda harus memutuskan posisi lemari tempel anda, karena begitu lemari tempel sudah terpasang di dinding kamar anda; anda akan mengalami kesulitan untuk memperbaikinya jika ada kesalahan. Jadi, Harap berhati-hati ketika Anda membuatnya.

Bahan kedua untuk lemari tempel adalah bahan laminasi, yaitu bahan hasil laminasi, terutama yang dibuat dari berbagai lapisan agar bisa menjadi bahan yang keras, datar, atau fleksibel. Bahan ini sama seperti kayu, tetapi berasal dari bahan kimia. Kelemahan utama bahan ini adalah mudah rapuh. Bahan ini mudah pecah dan memiliki daya tahan yang kurang bagus. Anda dapat menggunakan lem dari pada paku atau baut untuk memperbaiki kerusakannya. Bahan-bahan laminasi hadir dalam berbagai warna, inilah salah satu keuntungannya yang paling baik, Anda dapat dengan mudah memilih warna yang tepat untuk kamar tidur untuk melengkapi desain rumah Anda.