Tips yang Harus Diperhatikan untuk Ternak Ayam Negri

Menjadi peternak ayam memang suatu bisnis yang menjanjikan, terlebih untuk ternak ayam negri yang notabene termasuk jenis ayam yang paling digemari di Indonesia. Jika dihitung-hitung, modal awal yang diperlukan juga tidak terlalu besar yaitu kurang lebih satu juta rupiah saja untuk mulai beternak 200 ekor anakan ayam. Adapun modal tersebut adalah untuk menyiapkan hal-hal yang diperlukan selama melakukan ternak ayam yang akan disebutkan dalam hal ini.

1. Kandang

Hal pertama jika Anda ingin melakukan ternak ayam negri adalah dengan menyiapkan kandangnya. Kandang ayam sendiri harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan diternak. Selain itu, dalam membuat kandang juga harus memperhatikan sistem pencahayaannya. Terlebih, untuk ayam yang masih kecil atau ayam yang sedang mengerami, hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu suhu dalam kandang. Untuk meningkatkan suhu, Anda bisa mengakalinya dengan penyusunan lampu agar dekat dengan ayam sehingga bisa lebih menghangatkan. Biasanya untuk membuat lima kandang ayam dengan ukuran 3 x 3 meter, Anda akan memerlukan biaya kurang lebih tiga ratus ribu rupiah.

2. Tempat makan dan minum

Meskipun terkesan sangat sepele, tapi jika Anda ingin mulai beternak, maka tempat makan dan minum untuk ayam juga harus diperhatikan terlebih jika ayam yang diternakan dalam jumlah banyak. Untuk tempat makannya sendiri Anda bisa menggunakan bambu atau tempat plastik yang banyak dijual di pasar unggas, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan modal yang ada.

3. Makanan, vitamin, dan vaksinasi

Hal pokok lain yang harus diperhatikan selama beternak ayam negri yaitu makanan dan vitaminnya. Ayam sendiri termasuk unggas yang pakannya cukup mudah dicari yaitu dedak, jagung, onggok atau polland yang masing-masing memiliki harga yang kandungan gizi berbeda-beda. Anda juga harus rutin melakukan vaksin paling tidak setiap minggu hingga bulan agar ayam ternak Anda bebas dari penyakit.

Selain persiapan hal-hal di atas, untuk Anda yang masih baru dalam menjalankan bisnis ternak ayam negri, Anda juga harus memperhatikan cara-cara melakukan perawatan pada ayam tersebut. Terlebih untuk ayam yang masih berusia 2 minggu, karena di dalam jangka waktu umur tersebut ayam butuh perawatan yang lebih intensif menyangkut pencahayaan, makanan, vaksin, maupun suhu yang diperlukan.